MIMIQ COFFEE
DISUSUN OLEH :
1. M IHYA AL HIKAM
(21401051070)
Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil
Universitas Islam Malang
2014
BAB I
Kata
pengantar
Segala
puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT karena atas berkah dan
rahmat-Nya Saya bisa menyusun tugas ini dengan sebaik-baiknya. Shalawat serta
salam semoga terlimpah curahkan kepada Nabi Muhammad SAW.
Dalam
penyusun tugas ini Saya tentu menjumpai beberapa hambatan, namun
berkat dukungan dari berbagai pihak akhirnya Saya dapat
menyelesaikan proposal ini dengan sebaik-baiknya, oleh karena itu
melalui kesempatan ini Saya sebagai penyusun mengucapkan terimakasih
sebesar-besarnya kepada berbagai pihak terkait yang telah membantu Saya
menyelesaikan tugas ini.
Segala
sesuatu yang salah datangnya dari manusia yaitu Saya sendiri sedangkan segala
sesuatu yang benar datangnya hanya dari Allah SWT, untuk itu Saya mohon maaf yang
sebesar-besarnya apabila dalam penyusunan tugas ini masih terdapat berbagai
kesalahan baik itu dalam penulisan atau tata bahasa, dan kritik beserta saran
yang membangun sangat Saya harapkan guna untuk memperbaiki kesalah-kesalahan
pada tahap selanjutnya.
Semoga
tugas ini bermanfaat khususnya bagi Saya sebagai penyusun umumnya untuk semua
pihak pembaca.
Malang,20
maret 2016
Penyusun
BAB II
PENDAHULUAN
1. Judul
Program Usaha
Membangun usaha yang mampu
berkompetisi secara sehat dan mempunyai daya saing yang tinggi,
serta memberikan keuntungan bagi segala pihak.
2.
Latar Belakang
malang
adalah salah satu kota di Indonesia yang sangat kental dengan beragam budaya
dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia. Kota malang juga memiliki
berbagai macam makanan khas seperti makanan yang sangat terkenal dari Kota ini
adalah bakso dan makanan khas lainnya seperti kripik apel, kripik tempe, bakpo
telo dll. Selain makanan, Batam juga merupakan kota dengan berbagai tempat
wisata seperti wahana wisata dan juga terkenal akan keindahan pantai
selatannya,sehingga mengundang banyak wisatawan baik dari dalam negeri maupun
luar negeri untuk mengunjungi kota malang karena keindahannya.
malang juga
di kenal dengan sebutan “ Kota Industri dan Agrowisata
“ dimana di kota ini terdapat banyak pendatang dari seluruh penjuru
Negeri dengan berbagai budaya mereka berkumpul dalam satu wadah
yaitu malang baik untuk menggapai pendidikan, mencari pekerjaan dan liburan. malang
memiliki banyak peminat dalam bidang Industri karena di kota malang terdapat
berbagai jenis perusahaan lokal dan asing yang membuka lapangan pekerjaan
seluas-luasnya.
Para
mahasiswa dan pekerja sangat identik dengan yang namanya suntuk, galau, resah,
dan gelisah, baik karena tugas, organisasi, meeting, dan pihak-pihak lain yang
bersangkutan. Kami membuka Mimiq Coffee diperuntukan bagi
segala kalangan baik mahasiswa maupun pekerja untuk refreshing dari
penatnya berbagai aktivitas yang telah di jalani dengan nuansa santai dengan di
temani secangkir kopi merupakan moment yang pas untuk nongkrong dan berbagi
cerita bersama teman, kolega, konsumen, pasangan, dan lain-lain.
Perusahaan
ini berdiri karena kegemaran kami kepada kopi dan kepada buku yang kami anggap
sebagai teman setia dalam situasi apapun. Mimiq Coffee akan di dirikan di kota malang dengan konsep “nongkrong hemat bermanfaat”. Dengan harga yang
bersahabat Mimiq Coffee memberikan
berbagai fasilitas khususnya buku bacaan untuk menemani pengunjung yang gemar
membaca baik fiksi maupun non-fiksi.
3.
Tujuan Program
Untuk
belajar berwirausaha, mengembangkan kreativitas, pengetahuan dan kemampuan dari
rumpun keilmuan yang kami miliki dan berdasarkan kebutuhan usaha untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
BAB III
GAMBARAN
UMUM USAHA
1. Nama Usaha
Usaha yang
akan kami kembangkan adalah “Mimiq Coffee” yang nerupakan usaha dalam bidang
perdagangan yang menjual berbagai jenis kopi dan makanan ringan pelengkap saat
ngopi.
2. Visi, Misi,
dan Strategi Perusahaan
a.
Visi perusahaan
Menjadi kedai kopi yang mampu berkompetisi secara
sehat dan mempunyai daya saing yang tinggi.
b. Misi
perusahaan
·
Memberikan
layanan yang berorientasi pada kepuasan konsumen
· Menyajikan makanan dan minuman yang berkualitas dengan harga terjangkau
3.
Strategi perusahaan
Memberikan pelayanan dan fasilitas berupa alat musik akustik, hotspot dan
interior yang membuat pengunjung merasa nyaman dan menjadikan diferensiasi
sebagai strategi utama perusahaan.
4.
Lokasi
Pemilihan
lokasi usaha di jl.tlogomas karena lokasi tersebut sangatlah strategis, selain
berada di pusat kota, kepadaan penduduk yang cukup tinggi, terdapat sekolah –
sekolah mulai dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK yang menyebabkan lokasi tersebut
menjadi pusat perputaran uang yang sangat baik.
5.
Bangunan / Tempat yang di butuhkan
Bangunan /
tempat yang kami butuhkan untuk mendirikan bisnis ini adalah sekitar 150 m²,
dengan tempat makan in-door dan out-door, panggung musik, tempat buku,
parkiran, kamar mandi.
6.
Waktu Operasional
Mimiq
Coffee dibuka mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 24.00
WIB yang mana segala kalangan dapat mengunjungi Coffe Shop kami saat waktu
senggang seperti break lunch, atau sepulang sekolah sambil mengerjakan tugas
dari sekolah ataupun kampus.
7.
Keunikan
Kesan yang
akan kami bangun dalam melayani pelanggan yaitu ”Service With Love”
sehingga pelanggan merasa nyaman ketika berada dalam pelayanan Kami, dan
membuat pelanggan selalu ingin kembali ke kedai kopi Kami karena pelayanan
berkualitas yang dapat memuaskan semua pelanggan.
8.
Target Pelanggan
Target
pelanggan kedai kopi Kami adalah semua kalangan baik para Kaula Muda dan
Mahasiswa maupun pekerja, orang tua serta anak – anak khususnya bagi maasiswa
dan pekerja karena pada masa-masa itu merupakan masa dengan tingkat kebutuhan
refreshing yang lebih tinggi di bandingkan dengan Orang Tua atau
Anak-anak.
9.
Nama dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan
: Mimiq Coffee
Alamat
perusahaan : Ruko tlogomas Blok A No. 3A
No. Telp
: (0778) 422576
10 Produk yang
di hasilkan
Adapun kualitas produk yang Kami
hasilkan yaitu :
§
Berkualitas
dan dapat memuaskan pelanggan
§
Berbagai
macam kopi dan minuman lain (aneka juice, coklat panas, lemon tea,
dll) serta makanan yang memiliki cita rasa tinggi
11. Ruang lingkup usaha
Ruang
lingkup usaha kedai kopi ini akan Kami rancang sebaik-baiknya karena semua itu
dapat memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap maju mundurnya perusahaan
Kami.
Perusahaan Mimiq
Coffee terletak di Ruko Tlogomas Blok A No. 3A - malang. Menurut Kami,
jika dilihat dari lokasi berdirinya kedai, kedai ini sudah memenuhi persyratan
berdirinya sebuah tempat nongkrong, karena lokasi kedai ini merupakan lokasi
yang sangat strategis dan akses transportasi ke lokasi perusahaan juga suangat
lancar sehingga memudahkan pelanggan untuk mengunjungi kedai kopi Kami.
12. Pelaksanaan
Distribusi
Distribusi
yang akan di lakukan oleh perusahaan kami yaitu menarik pelanggan sebanyak
mungkin dan mendekati mereka dengan menggunakan strategi “costumer value
added” agar penjualan dan laba perusahaan kami dapat meningkat seperti yang
di harapkan dan para pelanggan Mimiq Coffee merasa puas berada
dalam pelayanan kami.
13. Strategi
promosi
Strategi yang akan kami terapkan
di Mimiq Coffee yaitu :
·
Membuat
pamflet, banner dan brosur yang berisikan produk-produk yang akan kami jual dan
menyebarkannya di tempat-tempat yang banyak di jangkau oleh masyarakat luas.
· Memasang
iklan di dunia internet khususnya social-media seperti facebook atau twitter
yang banyak di ketahui oleh para Kaula muda
· Membuat
catalog yang berisikan tentang keadaan Mimiq Coffee dan berbagai macam
produk yang ada, dari mulai menu utama sampai menu yang lainnya.
14. Sumber Bahan
Baku
Untuk sumber
bahan baku atau suplier biji kopi, Kami akan mengambil suplier bahan baku yang
terjamin dan sudah terbukti kualitasnya, sehingga kami bisa menyajikan produk yang
berkualitas dan tidak mengecewakan pelanggan karena sesuai dengan Misi
perusahaan kedai kopi kami bahwa kepuasan pelanggan adalah nomor satu.
Foto tempat
usaha
BAB IV
ANALISIS
INDUSTRI
1. Prespektif
Masa Depan Usaha
Dengan
terciptanya perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan khususnya makanan
dan minuman dengan lokasi yang strategis dan nuansa yang terkesan lebih santai
membuat Kami yakin usaha ini akan mengalami kemajuan yang signifikan seiring
dengan kebutuhan para Kaula Muda dan Mahasiswa akan tempat hang-out.
2. Segmentasi
Pasar
Happy Coffee
membidik semua kalangan tapi lebih mengacu pada kalangan menengah
kebawah seperti para Kaula Muda dan Mahasiswa dengan pemberian harga yang
terjangkau dan tidak menyulitkan tetapi juga tidak mengesampingkan kualitas
produk sebagai tujuan utama kedai Kami.
§
Harga
terjangkau
Merupakan salah satu strategi
perusahaan kami yaitu penjualan dengan harga yang terjangkau, harga yang mampu
diraih oleh semua kalangan. Jika biasanya anak sekolah ataupun mahasiswa hanya
memdapatkan uang saku yang terbatas dari orang tua mereka, maka jika mereka
ingin sekedar hang out maka coffee shop kami adalah tempat yang tepat karenya
menyajikan minuman dan makanan ringan dengan harga yang murah, yang hana
berkisar Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000.
§
Kualitas
baik dan terjamin
Selain harga yang terjangkau kami
tentunya memberikan kualitas yang terjamin, sumber bahan baku kami peroleh dari
produsen kopi dan minuman-minuman yang sudah terjamin baik kesehatan maupun
kebesihan produk.
§
Tersedia
berbagai jenis kopi serta berbagai minuman dan makanan.
Di coffee shop kami Anda akan
mendapatkan apa yang Anda inginkan, kami menyediakan berbagai macam kopi dan
the seperti Coppucino, Mocacinno, Coffe Latte, Espresso, Teh Tarik, serta
makanan seperti Nasi Goreng, Mie Goreng dan lain-lain.
§
Memiliki
ciri khas yang tidak di miliki oleh kedai lain
.Berdasarkan hasil survey yang telah
kami lakukan, pada umumnya cafe di Kota Malang masih menggunakan nuansa yang
biasa di pakai oleh kebanyakan cafe lainnya di Indonesia, lain halnya dengan
Kedai Kopi yang Kami hadirkan dengan nuansa yang lebih santai tapi mempunyai
ciri khas tersendiri yaitu dengan adanya fasilitas peminjaman buku gratis yang
bisa pelanggan baca ketika Mereka singgah di kedai kopi Kami. Coffee Shop kami
berbeda dengan kedai kopi lainnya, dimana kami menyatukan kesan nyaman
menikmati secangkir kopi dan pisang keju bisa sambil membaca majalah, komik,
novel, dan buku – buku umum lainnya. Hal tersebut tidak akan Anda jumpai di
manapun selain di Mimiq Coffee.
Jadi, selain pelanggan bisa
menikmati secangkir kopi, para pelanggan juga bisa menambah wawasan dan ilmu
pengetahuan. Seperti yang telah di jelaskan diatas, selain Kami menyediakan
fasilitas buku, Kami juga menyediakan fasilitas alat musik dan Wifi sehingga
membuat para pelanggan merasa nyaman berada di kedai kopi Kami.
Jika di lihat dari tempat kedai kopi
ini di dirikan, di lokasi tersebut masih jarang terdapat cafe yang secara
khusus menyediakan kopi sebagai menu utama. Kebanyakan cafe di daerah tersebut
menyediakan makanan-makanan yang biasa di jual berbagai banyak tempat. Jadi,
menurut Kami persaingannya tidak terlalu ketat, apalagi Kedai Kopi Kami
memiliki sesuatu yang unik yang tidak dimiliki oleh kedai-kedai lainnya.
§
Fasilitas
lengkap
Kenyamanan
akan diraih jika penyediaan fasilitasnya lengkap, maka hal itulah yang kami
prioritaskan. Di Coffee Shop kami Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda dengan
aman, seluruh took free Wifi, kamar kecil berjumlah 2 buah, rak-rak – rak buku
sebagai penunjang fasilitas bagi Anda yang ingin meluangkan waktu untuk
membaca.
§
Tempat yang
bersih dan nyaman
“Kebersihan
adalah sebagian dari iman”. Begitulah motto kami dalam menjaga kebersihan
Coffee Shop kami, kami kaan menjamin kebersihan disetiap lokasi, servise
kebersihan meja yang cepat sehingga tidak menggangu pelanggan yang sedang
menikmati kopi dan makanan mereka.
§
Pelayanan
yang memuaskan
Kepuasan
Anda merupakan prioritas kami, kami menjunjung tinggi “Service with Love” maka
kami dalam hal meyediakan produk haruslah bersih, rapi, cepat dan tepat. Hal ini kami jmain karena proses perekrutan karyawan sangatlah kami
perhatikan.
§
Lokasi
strategis
Kami telah memilih tempat usaha kami di komplek
ruko Tlogomas yang mana lokasi ini sangatlah strategis, mudah ditemukan,
merupakan rute transportasi umum, ramai drngan aktifitas masyarakat.
Oportunities
(peluang)
§ Terdapat banyak masyarakat khususnya anak muda yang konsumtif terhadap kopi
Tingginya
tingkat konsumsi berbagai jenis kopi pada saat ini mendorong kami untuk membuka
Coffee Shop yang mampu memberikan pelayanan yang bukan hanya layak namun yang
terbaik.
§
Permintaan
pasar yang selalu meningkat
BAB V
PERENCANAAN
PERMODALAN DAN LABA
A.
Sumber Modal
Sumber modal
awal pendirian Mimiq Coffee yaitu dari pemilik dan pinjaman
Bank serta dari investor yang ingin menanamkan modalnya di kedai Kami.
B.
Perkiraan Finansial
1.
Keuntungan
dan kerugian
Untuk menentukan Cafe mengalami
keuntungan atau kerugian, maka dilakukan pencatatan perkiraan laba-rugi dalam 1
tahun.
7.1 Rincian Anggaran
1. Modal awal
Modal Rp50.000.000.
2. Pengeluaran
dan pembelian
Dalam usaha ini kami melakukan pengeluaran
sebesar
Rp. 42.310.000 dengan rincian sebagai
berikut:
No
|
Kelompok dan Jenis Barang
|
Item
|
Harga Per Item
|
1
|
Tempat
|
-
|
-
|
Ruko
|
1
|
Rp. 20.000.000
|
|
Interior
|
1
|
Rp. 5.000.000
|
|
Tempat duduk
|
1
|
Rp.7.500.000
|
|
2
|
Peralatan
|
||
Cangkir kopi
|
3lusin
|
Rp. 300.000
|
|
Gelas kaca
|
2lusin
|
Rp. 200.000
|
|
Sendok
|
2lusin
|
Rp. 50.000
|
|
Keranjang Etalase
|
5
|
Rp. 25.000
|
|
Asbak rokok
|
10
|
Rp. 100.000
|
|
Tempat Tissue
|
10
|
Rp. 100.000
|
|
Tissue
|
10
|
Rp. 50.000
|
|
Ember
|
2
|
Rp. 40.000
|
|
Kain Lap
|
4
|
Rp. 20.000
|
|
Termos
|
2
|
Rp. 180.000
|
|
Tempat Sampah
|
2
|
Rp. 20.000
|
|
Toples (gula)
|
1
|
Rp. 10.000
|
|
Ceret
|
2
|
Rp. 30.000
|
|
Pemeras Jeruk
|
1
|
Rp. 15.000
|
|
Kompor Gas & Elpiji
|
1
|
Rp. 1.100.000
|
|
Kopi nusantara
|
Rp. 5.000.000
|
||
Minuman sachet
|
Rp. 2.000.000
|
||
3
|
Promosi
|
-
|
-
|
Spanduk
|
1
|
Rp. 50.000
|
|
Brosur
|
100
|
Rp. 10.000
|
|
Pamflet
|
10
|
Rp. 10.000
|
|
4
|
Lain – lain
|
-
|
Rp. 500.000
|
Total Pengeluaran
|
Rp. 42.310.000
|
Pendapatan perbulan
untuk penjualan 100 porsi setiap harinya dengan 20 menu dengan rata-rata harga
Rp7.500 dapat dirinci sebagai berikut:
Penghitungan
pendapatan per bulan
|
|
Penjualan menu
|
100 porsi perharinya
|
Jumlah jenis menu
|
20 menu
|
Harga rata-rata
|
Rp. 7.500
|
Total harga jual
perhari
|
Rp. 750.000
|
Revenue
|
|
Pendapatan per hari
|
Rp. 750.000
|
Pendapatan per bulan
|
Rp.22.500.000
|
Total pendapatan per
bulan
|
Rp.22.500.000
|
Biaya- biaya per hari
|
|
Food Cost harian
|
Rp. 300.000
|
Karyawan
|
Rp. 150.000
|
listrik
|
Rp.20.000
|
Biaya penyusutan
|
Rp. 30.000
|
Total biaya
pengeluaran
|
Rp. 500.000
|
Total pendapatan
perhari
|
Rp.250.000
|
Pendapatan bersih per
bulan
|
Rp7.500.000
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar